Langganan Koran JITU Rp.120.000/tahun PASANG IKLAN
Kamis, 23 Oktober 2014

Tamasya Yuk ke Ekowisata Taman Air Tlatar, Boyolali

Slider

Membuat Damai, Bisa Tanam Praktik Padi

Taman Air adalah kawasan wisata alam di daerah Tlatar, Boyolali dirancang pada awal tahun 1997. Gagasan perancangan tersebut adalah untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah khususnya mata air umbul Tlatar. Misi lainnya adalah melestarikan sumber daya air. Seperti apa wujudnya ? Inilah laporan wartawan Koran JITU Julian Surya.

Ekowisata Taman Air Tlatar merupakan laboratorium alam dalam upaya pengendalian sumber daya air yang dikemas dalam suatu kawasan rekreasi bagi semua lapisan masyarakat. Sehingga kawasan tersebut sangat tepat untuk berlibur. Sekaligus lokasi belajar peduli lingkungan dan bagi setiap pengunjung akan mendapatkan kepuasan yang belum pernah didapatkan ditempat wisata lingkungan lain.

Macam-macam kegiatan di tempat ini. Budidaya ikan, restoran, kolam renang dan sekolah renang. Kemudian, pakecehan (tempat bermain air), bumi perkemahan, jelajah alam, wisata lingkungan dan masih banyak lagi. Konsep kegiatan tersebut untuk membuat damai antar manusia dan seisi alam adalah puncak martabat dan harapan. Program wisata lingkungan ini diharapkan menjadi salah satu perintis sebagai wahana menumbuhkan perilaku saling mengasihi dan menghargai dalam kehidupan yang damai baik terhadap sesama manusia serta alam seisinya tanpa membedakan sifat, warna, bentuk, asal, serta keyakinan.

Program wisata lingkungan adalah salah satu jenis kegiatan produk asli Ekowisata Taman Air yang disusun berdasarkan pengalaman di berbagai negara seperti Asia, Australia, Eropa serta di Indonesia sendiri. Tujuan program ini adalah memberikan pengalaman nyata yang bersifat mendidik terhadap anak-anak usia sekitar 5–8 tahun. Targetnya untuk mengenal dan bergaul dengan air termasuk berbagai habitatnya.

Unsur air yang sangat menarik bagi anak dan orang dewasa akan memberikan kenangan indah dalam kehidupan terhadap alam tanpa harus dicemari pesan-pesan kepentingan manusia, dapat menumbuhkan watak yang positif bagi perkembangan anak. Unsur akal sportivitas, keberanian yang positif, keindahan, keyakinan, kedamaian dan sebagainya.

Keasyikan anak yang menyatu dengan air di pakecehan, kolam renang, kolam ikan yang ada sangat menarik. Karena memungkinkan semua indera anak merekam semua pengalaman, terhadap sifat dan kehidupan di air. Kegiatan ini meliputi program utama yang meliputi materi pengenalan arti penting air bagi kehidupan, pengenalan satwa dan tanaman air. Lalu, pengenalan sumber mata air dan memberi makan ikan koi.

“Selain program utama ada program pilihan yang meliputi materi memanen ikan di kolam, menanam padi bersama pak tani, menangkap udang kali di pakecehan. Sifat polos pada anak akan menyatu dengan kesejukan dan kedamaian air. Ini dapat menjadi titik awal terhadap perkembangan cinta tanah air dan seisi alam. Sehingga pada saatnya nanti bila estafet tanggung jawab diterima mereka tidak akan salah tingkah, karena ditangan generasi inilah kelak alam akan dikelola,” ujar Hartanto, Consultant Ekowisata Taman Air Tlatar kepada Koran JITU.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam menikmati pesona alam Ekowisata Taman Air sepanjang waktu, disediakan arena berkemah (camping ground). Fasilitasnya beragam, sesuai kebutuhan konsumen. “Kami telah membuat tiga paket untuk kemping. Meliputi paket eksekutif. Di program ini, pengunjung dapat bermalam di dalam tenda serasa di kamar hotel. Bisa disebut paket Villa Tenda. Selain itu ada paket reguler dan pelajar. Dalam program kemping wisata ini pengunjung dapat menikmati pesona malam yang sangat mengesankan di Taman Air,” katanya.

Kegiatan lain berupa jelajah alam. Pengunjung dapat menikmati alam sekitar berupa aliran sungai dengan sebelas air terjun utama. Masing-masing air terjun mempunyai nama sesuai mitos yang telah diberikan oleh masyarakat, seperti air terjun Bima, Kresna, Arjuna Srikandi dan lainnya. Pesona alam tersebut sangat menakjubkan bagi para pengujung yang ingin jalan-jalan sepanjang aliran air di kawasan Ekowisata Taman Air dengan keaslian suasana alam pedesaan.

Wisatawan juga dapat langsung memanen hasil petani masyarakat desa berupa kubis, mentimun dan melon. Fasilitas lainnya adalah outbond, flying fox, ATV, trail, bola air, sepeda air dan pemancingan. Terakhir adalah fish spa. “Harga sangat terjangkau. Outbond mulai Rp 50 ribu-Rp 75 ribu. Kulinernya pun lengkap. Menunya ikan bakar, goreng atau bumbu rujak, mulai Rp 20 ribu-Rp 35 ribu per orang. Murah bukan ? Penasaran, silakan mencoba. (jul)

Taman Air Tlatar

Alamat : Gombol, Kebonbimo, Boyolali, Jawa Tengah

Buka : 08.00-20.30 (setiap hari)

Tlp : (0276) 322551, (0271) 2088399- 081329403656-0856476310156

Email : tamanair@ymail.com

Harga :

Bola Air Rp15.000/orang, Rp25.000/dua orang

ATV Rp 25.000/satu keliling

Trail Rp 35.000/satu

Sepeda Air Rp10.000/orang

Flying fox Rp10.000/orang

Fish spa Rp10.000/30menit


desktop
DIJUAL RUMAH SKH Rp. 185.000.000,- Detail
DIJUAL RUMAH KRA 3 KT, 1 KM Rp. 265.000.000,- Detail
DIJUAL FURNITURE SOLO Matras panel 120x200 Rp. 1.075.000,- Detail
DIJUAL FURNITURE Meja kantor tanpa laci Rp. 400.000,- Detail
rio tuantoSenin 8 September 2014 , 12:50
utk budged paketan outbond tmn kanak2 brp ya?
sumantri BK Jumat 5 September 2014 , 10:37
Slmt siang bpk/ibu, sewaktu SMA dl saya sering sekali ke Tlatar,tp sepertinya saat ini kondisinya sdh jauh berkembang lbh baik. Kl tiketmasuk per org brp ya? Utk balita dikenakan retribusi jg gk? Trmksh.

Tulis Komentar