Minggu, 11 Desember 2016
Tamasya Yuk ke Ekowisata Taman Air Tlatar, Boyolali

Membuat Damai, Bisa Tanam Praktik Padi

Taman Air adalah kawasan wisata alam di daerah Tlatar, Boyolali dirancang pada awal tahun 1997. Gagasan perancangan tersebut adalah untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah khususnya mata air umbul Tlatar. Misi lainnya adalah melestarikan sumber daya air. Seperti apa wujudnya ? Inilah laporan wartawan Koran JITU Julian Surya.

Ekowisata Taman Air Tlatar merupakan laboratorium alam dalam upaya pengendalian sumber daya air yang dikemas dalam suatu kawasan rekreasi bagi semua lapisan masyarakat. Sehingga kawasan tersebut sangat tepat untuk berlibur. Sekaligus lokasi belajar peduli lingkungan dan bagi setiap pengunjung akan mendapatkan kepuasan yang belum pernah didapatkan ditempat wisata lingkungan lain.

Macam-macam kegiatan di tempat ini. Budidaya ikan, restoran, kolam renang dan sekolah renang. Kemudian, pakecehan (tempat bermain air), bumi perkemahan, jelajah alam, wisata lingkungan dan masih banyak lagi. Konsep kegiatan tersebut untuk membuat damai antar manusia dan seisi alam adalah puncak martabat dan harapan. Program wisata lingkungan ini diharapkan menjadi salah satu perintis sebagai wahana menumbuhkan perilaku saling mengasihi dan menghargai dalam kehidupan yang damai baik terhadap sesama manusia serta alam seisinya tanpa membedakan sifat, warna, bentuk, asal, serta keyakinan.

Program wisata lingkungan adalah salah satu jenis kegiatan produk asli Ekowisata Taman Air yang disusun berdasarkan pengalaman di berbagai negara seperti Asia, Australia, Eropa serta di Indonesia sendiri. Tujuan program ini adalah memberikan pengalaman nyata yang bersifat mendidik terhadap anak-anak usia sekitar 5–8 tahun. Targetnya untuk mengenal dan bergaul dengan air termasuk berbagai habitatnya.

Tag :
#